Khazzanah Tour Travel Umrah dan Haji Plus : Informasi Harga Umrah, Haji Plus Furoda, Tour Wisata Muslim, Paket Umroh Promo 2020

Fast Respon: Agen1, Agen2
Alamat Kantor Pusat Khazzanah Tour: Jl. Otista Raya No. 46B Cawang - Jakarta Timur 13330
Haji Furoda Langsung Berangkat 2023

Puasa Sunnah Syawal Setelah Puasa Ramadhan ?

 Kapan puasa Syawal?

puasa-syawal

Puasa Syawal adalah puasa yang di kerjakan di bulan Syawal, dari mulai tanggal 02 Syawal setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 01 Syawal atau bisa juga melaksanakan puasa di dalam bulan syawal selama enam hari berturut-turut atau di selang-seling, di awal, di tengah atau kapan saja selama bulan syawal. Dalam sebuah hadist yang berbunyi:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim No 1164).

Puasa  Syawal ini dapat di lakukan setelah membayar hutang puasa Ramadhan ( bagi wanita yang berhalangan /haid, nifas dan sakit dan bagi laki2 yang sakit, musafir atau ujur) untuk mengganti puasa ramadhan para ulama berpendapat bahwa niat dan pelaksanaanya tidak dapat/boleh di gabungkan dengan niat puasa Syawal.

Namun bagi mereka yang melaksanakan atau membayar puasa (mengqadha puasa) ramadhan di bulan syawal mendapatkan 2 keuntungan yaitu dapat membayar hutang puasa Ramadhan  dan pahala syawal.

Niat membayar hutang puasa ini tidak harus dengan bahasa arab namun cukup di niatkan membayar puasa ramadhan karena Allah swt dengan bahasa kita.

Puasa syawal ini adalah sunnah namun pahala nya seperti puasa setahun oleh karena itu alangkah baiknya puasa syawal ini dapat di kerjakan setelah membayar puasa wajib (membayar hutang puasa ramadhan) inti dari puasa ini adalah menjaga continuitas keberlangsungan amal agar tubuh kita terbiasa dalam melaksanakan puasa- puasa sunnah lainnya.


Syawal itu artinya meningkat jadi setelah ramadhan kita di harapkan ada peningkatan dalam beribadah, apa saja yang meningkat di bulan syawal ?

  • Meningkat ilmu karena sering nya menghadiri dan mendengarkan pengajian-pengajian.
  • Meningkat amal shalat tarawih, witir, itikaf, tahajjud, baca Quran dan banhyak berdoa.
  • Meningkat iman dan bertambah kokoh.

Semoga kita semua dapat melaksanakan ibadah dan amalan –amalan lain nya setelah  bulan Ramadhan ini, salah satunya dengan menjalankan Puasa Syawal sehingga menambah dan meningkatnya  pahala ibadah dan amalan kita semua di dunia ini karena Allah.


KhazzanahTours siap melayani ibadah Umroh Ibu Bapak semua dari berbagai daerah di seluruh Indonesia

Tag : Artikel, puasa
0 Komentar untuk "Puasa Sunnah Syawal Setelah Puasa Ramadhan ?"

Back To Top