Khazzanah Tour Travel Umrah dan Haji Plus : Informasi Harga Umrah, Haji, Tour Muslim, Promo Umrah 2019 Hanya Rp. 20 Jutaan ( All In )

Fast Respon: Rupianti , Julaiha
Alamat Kantor Pusat Khazzanah Tour: Jl. Otista Raya No. 46B Cawang - Jakarta Timur 13330

Pengertian Dakwah

pengertian dakwah islami


Pengertian Dakwah


Pengertian dakwah menurut kamus Bahasa Indonesia adalah penyiaran agama dan pengembangannya di kalangan masyarakat; seruan untuk memeluk, mempelajari dan mengamalkan agama.

Ditinjau dari segi bahasa, dakwah berasal dari bahasa Arab “da’wah”. Da’wah mempunyai tiga huruf asal yaitu dal,’ain, dan wawu. Makna– makna tersebut adalah memanggil, mengundang, minta tolong, meminta, memohon, menamakan, menyuruh datang, mendorong, menyebabkan, mendatang mendoakan, menangisi, dan meratapi. Dakwah secara semantic berarti ajakan, seruan dan panggilan. 

Sedangkan secara terminologi. Menurut Ibnu Taimiyah  dakwah merupakan suatu proses usaha untuk mengajak agar orang beriman kepada Allah SWT, percaya dan mentaati apa yang telah diberitakan oleh Rasul serta mengajak agar dalam menyembah kepada Allah SWT seakan-akan melihatNya. 

Secara terminologis dakwah Islam telah banyak didefinisikan oleh para ahli. Sayyid Qutb memberi batasan dengan “mengajak” atau “menyeru”  kepada orang lain masuk ke dalam sabil Allah SWT. bukan untuk mengikuti dai atau sekelompok orang.

Ahmad Ghusuli menjelaskan bahwa dakwah merupakan pekerjaan atau ucapan untuk mempengaruhi manusia supaya mengikuti Islam.


Pada intinya, pemahaman lebih luas dari pengertian dakwah yang telah didefinisikan oleh para ahli tersebut adalah : pertama, ajakan kejalan Allah SWT. Kedua, dilaksanakan secara berorganisasi. Ketiga, kegiatan untuk mempengaruhi manusia agar masuk jalan Allah SWT. Keempat, sasaran bisa secara fardiyah atau jama’ah.

Dalam konteks dakwah istilah ‘amar ma’ruf nahy-i munkar secara lengkap dan popular dipakai adalah yang terekam dalam Al-quran, Surah Ali-imran ayat 104:

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”. (QS Ali-imran [3]:104)

Ayat diatas, mengandung beberapa esensi dakwah yaitu, Pertama, “hendaklah ada diantara kamu sekelompok umat”. Kedua, yang tugas atau misinya menyeru kepada kebajikan. Ketiga, yaitu menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang mungkar. Keempat, mereklah orang-orang yang Berjaya. Sementara itu, dalam surah Ali Imran kalimat yang senada, yang mengandung dua komponen dan pengertian yaitu: Pertama, kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan manusia. Kedua, menyuruh kepada Allah yang ma’ruf dan mencegah yang mungkar dan beriman kepada Allah Swt.


Referensi
  Dr .Abdul Karim Zaidan, Dasar-dasar ilmu Dakwah (Media Dakwah, 1983), h.1
  Dr . Bambang S.Ma’arif, Komunikasi Dakwah  paradigma Untuk Aksi ( Simbiosa Rekatama Media: 2010) h, 33-34
  Ibnu Taimiyah, Majmu Al-Fatawa,Juz15, Riyadh: (Mathabi Ar-Riyadh, 1985)hal 185
  Wahyu ilaihi, M.A, Komunikasi dakwah ( Bandung. PT Remaja Rosdakarya: 2013) h, 14-15
  Syamil al-Quran, Departemen Agama RI Al-quran dan Terjemah per-kata, (Jakarta, 2012)h.63
Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Pengertian Dakwah"

Back To Top