Khazzanah Tour Travel Umrah dan Haji Plus : Informasi Harga Umrah, Haji, Tour Muslim, Promo Umrah 2018 Hanya Rp. 20 Jutaan ( All In )

Fast Respon: Rupianti , Julaiha , Siti Zakiyah
Alamat Kantor Pusat Khazzanah Tour: Jl. Otista Raya No. 46B Cawang - Jakarta Timur 13330

Tips Aman Memilih Travel Umrah Agar Terhindar dari Penipuan

Tips Aman Memilih Travel Umroh Agar Terhindar dari Penipuan


Tips Aman Memilih Travel Umrah Agar Terhindar dari Penipuan


Masih banyaknya cerita jamaah gagal berangkat umroh yang disebabkan kenakalan-kenakalan biro penyelenggaran perjalan umroh (travel umroh nakal), maka berhati-hati agar tidak tertipu biro travel umroh dan haji palsu itu sangat penting. Waspadai biro travel yang menjanjikan dapat memberangkatkan calon jamaah dengan biaya yang murah bahkan sangat murah bila dibandingkan dengan biro travel sejenis yang ada disekitar kita .

Sebab tidak sedikit calon jamaah gagal berangkat seperti, terlantar di bandara baik bandara di Indonesia maupun bandara negara tetangga, ada juga yang tertipu dengan fasilitas yang dijanjikan tidak sesuai dengan kenyataan dilapangan, bahkan ada juga uang jamaah yang turut dibawa kabur oleh pemilik biro travel yang bersangkutan tersebut.

Kebanyakan calon jamaah yang tertipu salah satunya dikarenakan mereka tidak dapat membedakan atau tidak tau cara mengetahui mana biro travel palsu dan mana biro travel yang benar-benar memberangkatkan jamaahnya. Insya Allah Khazzanah Tour salah satu travel yang amanah.

Pemerintah sebagai fasilitator melalui Kementerian Agama meluncurkan program "5 Pasti Umrah" sebagai panduan untuk masyarakat dalam memilih travel umroh dan mengikuti paket-paket ibadah umroh atau haji yang ditawarkan pihak travel. Program ini berisi lima tips bagi calon jemaah dalam memastikan paket serta perjalanan yang dipilihnya bukanlah penipuan dan menjamin kenyamanan beribadah.

Berikut 5 Pasti Umrah yang telah disosialisasikan pemerintah


  1. Pastikan biro travel berizin. Kementerian menyediakan akses informasi dalam situs resmi secara terbuka yang berisi daftar seluruh biro travel umrah dan haji yang telah mendapat izin. Untuk ijin resmi dapat dicek melalui  website resmi KEMENAG RI di Link Berikut http://haji.kemenag.go.id/v2/content/direktori-provider-visa-ppiu
  2. Pastikan waktu keberangkatan dan kepulangannya. Banyak masalah yang muncul yaitu jemaah umrah tak bisa pulang ke tanah air karena tidak memiliki tiket pulang. Travel seolah tak bertanggung jawab setelah jemaah berada di tanah suci. Dalam program berikut ini, masyarakat diminta mengecek tanggal, waktu, dan tiket keberangkatan serta kepulangan. 
  3. Pastikan harga dan fasilitas pelayanannya. Jenis fasilitas yang akan didapat dipengaruhi oleh biaya umrahyang dibayarkan. Jangan percaya paket umroh murah yang menjanjikan fasilitas mahal. Jangan juga percaya paket yang sangat murah karena sangat mungkin tidak memikirkan pelayanan selama ibadah, seperti lokasi sangat jauh dari penginapan ke tempat ibadah. Jangan pakai yang paket investasi karena sangat beresiko, kalau mereka hilang akan sulit dimintai pertanggung jawabannya. Paket yang wajib didapat jamaah itu konsumsi, transportasi, guide, asuransi, dan manasik.
  4. Pastikan hotel atau penginapan. Kementerian mengharuskan calon jemaah untuk memastikan tempat penginapan sesuai standard yaitu minimal bintang tiga. Selain itu, tempatnya tak boleh lebih dari satu kilometer dari tempat ibadah. Meski demikian, dari seluruh paket yang ada, masyarakat diminta mempertimbangkan mengenai usia dan biaya. Kalau sudah lanjut usia lebih baik pilih yang agak mahal supaya lokasi penginapan lebih dekat.
  5. Pastikan visa umrah. Visa hanya dikeluarkan perwakilan Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Calon jemaah harus memastikan telah mendapat visa resmi minimal tiga hari sebelum berangkat. Kalau visanya kadaluwarsa atau tak resmi, maka berpotensi ditangkap serta dipulangkan.


Antrian untuk dapat beribadah haji yang sangat panjang menjadikan ibadah umroh sangat didahulukan oleh para jamaah sehingga ibadah umroh telah menjadi bagian dari gaya hidup, juga bagi sebagian masyarakat dapat menjadi sebuah perjalanan wisata religi. Maka dari itu sangatlah penting bagi masyarakat agar dapat memilih biro perjalanan umroh yang baik dan dapat dipercaya agar terhindar dari kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terutama gagal berangkat atau bahkan kehilangan uang yang telah disetorkan karena ditipu.

Salah satu cara menghindari penipuan ini adalah menggunakan agen perjalanan yang direkomendasikan keluarga, kerabat, atau rekan-rekan Anda sebelumnya. Jika perlu, Anda dapat membandingkan sejumlah agen perjalanan untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam memilih travael haji dan umrah ada minimal 6 hal yang harus diperhatikan :


  1. Perhatikan keberadaaan kantor serta tampilannya. Biro travel yang bonafit memiliki kantor dan tertata dengan baik.
  2. Perhatikan bagaimana cara mereka melayani calon jamaah. Apakah para staffnya mau mendengar serta menjawab pertanyaan Anda dengan baik sesuai yang Anda inginkan, karena agen perjalanan yang baik tidak sekadar mengejar materi semata. Pastikan Anda sebagai calon jamaah telah memperoleh informasi yang jelas tentang travel tersebut, mulai dari profil usaha hingga layanan jasa yang disediakan.
  3. Pastikan biro travel yang Anda pilih memiliki izin haji dan umrah dari Departemen Agama Republik Indonesia. Cek di Website Kementerian Agama untuk mengetahui biro travel umroh dan haji tersebut memiliki ijin resmi dari Depag.
  4. Pastikan biro travel tersebut memiliki program Arbain dan Non-arbain. Arbain maksudnya, Anda akan tinggal lebih dari delapan hari di Madinah. Sedangkan program Non-arbain artinya Anda Madinah hanya beberapa hari saja, selebihnya di Makkah.
  5. Biasanya biro travel terpercaya memiliki jaringan kuat dengan industri pariwisata. Misalnya dengan asosiasi agen perjalanan, maskapai penerbangan, jaringan hotel, hingga ke perusahaan rental mobil. Biro travel yang mempunyai jaringan luas mencerminkan travel tersebut memiliki kredibilitas yang baik.
  6. Yang terakhir adalah tanyakan pengalamannya dalam menangani jamaah haji dan umroh. Pengalaman sangat penting karena menangani jamaah haji dan umrah butuh keahlian. Hal ini dilakukan agar Anda sebagai jamaah merasa nyaman dan tenang saat menjalankan ibadah di Tanah Suci tanpa dipusingkan dengan masalah akomodasi, transportasi dan lain-lain.


Demikian informasi Tips Aman Memilih Travel Umroh Agar Terhindar Penipuan, semoga bermanfaat dalam menentukan pilihan.

0 Komentar untuk "Tips Aman Memilih Travel Umrah Agar Terhindar dari Penipuan"

Back To Top